Program pembelajaran Al Qur’an merupakan salah satu program unggulan yang ada di SDIT Cahaya Sunnah, dengan adanya program pembelajaran Al Qur’an diharapkan siswa – siswi SDIT Cahaya Sunnah memiliki hafalan dan bacaan Al Qur’an yang baik dan memiliki rasa cinta yang dalam terhadap Al Qur’an.

A. PROGRAM  TAHFIDZ AL QUR’AN

Program Tahfidz Al Qur’an merupakan program pendidikan  yang menggunakan  metode pembelajaran tertentu dalam rangka menghafal dan memahami Al Qur’an yang mana menghafal Al Qur’an dimasukan ke dalam kurikulum kegiatan belajar mengajar. Dalam program ini siswa diajarkan pembiasaan untuk menghafal dan memahami Al Qur’an.

  SDIT Cahaya Sunnah  menerapkan metode pembelajaran tahfidz Al Qur’an khusus disertai guru-guru pembimbing yang bertujuan Untuk mempermudah  siswa dan siswi SDIT Cahaya Sunnah dalam mengikuti program tahfidz Al Qur’an ini, sehingga diharapkan  dapat menjadikan siswa-siswi SDIT Cahaya Sunnah menjadi penghafal Al Qur’an yang baik.

Target program tahfidz Al Qur’an di SDIT CAHAYA SUNNAH sendiri adalah siswa hafal 2 juz di kelas 5, sedangkan di kelas 6 fokus ke perbaikan hafalan dan bacaan Al Qur’an serta mengikuti ujian sertifikasi hafalan untuk mendapatkan syahadah hafalan Al Qur’an.

  Pembelajaran tahfidz Al Qur’an dilaksanakan setiap hari dengan alokasi waktu 8-10 jam pelajaran per pekan dari hari senin sampai hari jum’at, disamping itu program tahfidz Al-Qur’an juga menjadi pembiasaan rutin di setiap pembelajaran yang dilakukan oleh siswa.

B. PROGRAM  TAHSIN AL QUR’AN

Tahsin berasal dari kata حسَّن – يحسِّن – تحسيناً yang bermakna membaguskan. Dalam hal ini, berarti membaguskan kualitas bacaan al-Qur’an seseorang. Ada yang menyebut istilah Tahsin dengan nama lain, yaitu Tajwid. Keduanya, pada intinya sama-sama menekankan pada perbaikan bacaan. Al-Qur’an yang terdiri atas huruf-huruf hijaiyyah memiliki tata aturan dalam pelafalannya.

Setiap orang yang membaca al-Qur’an harus menggunakan hukum-hukum yang telah diatur dalam ilmu tajwid tersebut. Setiap huruf memiliki makhraj dan hak yang harus diberikan pada saat pembacaannya. Selain itu, setiap huruf juga memiliki sifat yang harus dipenuhi ketika huruf tersebut dibunyikan.

Tujuan program Tahsin Al Qur’an adalah untuk memperlajari atau memperbaiki bacaan Al-Qur’an sehingga bacaannya sesuai atau mendekati dengan bacaan Rasulullah shallallahu ‘alaihi   wa sallam.

Alokasi waktu pembelajaran Tahsin / pra-tahsin adalah 2-4 jam setiap pekannya, Adapun untuk siswa kelas 1,2 dan 3 yang memerlukan bimbingan tambahan maka bisa mengikuti jam tambahan untuk pembelajaran Tahsin   setiap harinya setelah jam KBM normal dilakukan.

Adapun sumber pembelajaran untuk pembelajaran tahsin adalah menggunakan buku iqra’ untuk kelas 1,2 dan 3 sedangkan untuk kelas 4, 5 dan 6 menggunakan buku tahsin metode Asy Syafi’i dengan orientasi pembelajaran sebagian besarnya ke praktekdan latihan membaca Al Qur’an sesuai kaidah-kaidah tajwid yang diajarkan setiap babnya.